Ulas Semua “7 Keajaiban Rezeki”

7-keajaiabanrejeki

Sabtu kemarin, tepatnya tanggal 7 April 2012, hampir semua calon entrepreneur Jogja dihebohkan dengan Seminar Terdahsyat tahun ini. Pernah tahu sebuah buku Mega Best Seller karya Ippho Santosa? Yang tak lain berjudul “7 Keajaiban Rezeki”? Yak, seminar ini adalah salah satu seminar Ippho “Right” Santosa, untuk mengulas dan membuka semua rahasia yang terkuak didalam buku “7 Keajaiban Rezeki”. O ya, seminar yang diadakan di Jogja ini juga untuk launching buku barunya bung Ippho, yang berjudul “Hanya 2 Menit”

Seminar ini diadakan di JEC ( Jogja Expo Center ), dan dihadiri lebih dari ratusan calon entrepreneur Jogja. Tim kami salah satunya (* Saya, Khulqi, Cahya, Farih ), dan juga guru kami tercinta (* Bu Puji ) :mrgreen:. Selain bung Ippho, hadir juga tokoh-tokoh pendukung, seperti Mas Mono (* Ayam Bakar Mas Mono ), Mas Jodi (* Warung Steak, Warung Penyet ) dan ada Mas Wahyu (* Bule Gila )

Dery dan Wahyu

Saya bersama Mas Wahyu (* Bule Gila )

Sesi Pendahuluan

Di sesi pertama, Bung Ippho melontarkan sebuah kalimat pembuka “Kalo mau mengikuti, dengarkan, jangan ada yang bertanya”. Wah, karena hal tersebut, sesi tanya jawab jadi tidak ada. Walau ada yang ingin saya tanyakan, ternyata sudah diulas lebih sampai akhir acara ini. Pada sesi pendahuluan, Bung Ippho telah mengulas dan bercerita banyak hal, dan yang menurut saya itu penting, saya catat dalam poin-poin.

  • Penggunaan kata “dan” dan “atau”
    Ini adalah poin penting pertama yang saya catat. Coba pilih mana, mau makan atau beli pulsa? Manusia memang diciptakan dengan banyak pilihan antara yang baik dan yang buruk. Kita bebas memilih, mau yang baik atau yang buruk. Tetapi tidak ada alasan untuk memilih baik atau baik, ( harus dipilih semua karena itu baik ). Berbeda dengan mindset orang miskin, orang miskin pasti selalu mempunyai pilihan yang mempersulit hidupnya, walau sama-sama baik, tapi hanya memilih salah satu, tidak keduanya. Kalau beli pulsa, ya dia tidak bisa makan. Orang sukses, bisa makan dan beli pulsa. :mrgreen:
  • Diperintah dan Memerintah
    Sekarang saya tanya, Bebas mana, yang diperintah atau yang memerintah? Seseorang yang suka diperintah, berarti bermental kere (* miskin ), hanya bisa menjalankan rencana orang lain, sedangkan orang yang bisa memerintah itu yang lebih baik. Karena mereka punya rencana. Bukankah manusia diciptakan sebagai seorang khalifah di bumi ini?
  • Otak kanan dan otak kiri
    Harus saling sinergis, benar. Dan saya setuju itu. Tapi, tidak mungkin keduanya bisa maju bersama-sama, pasti harus ada yang mendahulukannya. Siapakah itu? Otak Kanan. Tanpa otak kanan, kita seperti robot, dan tanpa otak kiri, seseorang tidak bisa menyelaraskan keinginannya. Jadi, mulailah dengan yang kanan.
  • Jangan pernah menunda satu hari pun
    Karena menunda pekerjaan 1 hari saja, berarti anda sudah menabung untuk menambah beban hidup anda.

Sesi Pengulasan

(* Atau apalah namanya :p )

Sesi ini merupakan sesi utama, dan terdapat 7 bagian pengulasan. Sesuai dengan buku “7 Keajaiban Rezeki”. Seperti biasa, poin penting telah saya catat, dan akan saya ulas disini

  • Golongan Kanan
    • Merupakan golongan yang memiliki 4 karakteristik, Fleksibel, Imajinatif, Kreatif dan Intuitif
    • Awali dengan yang kanan
      Otak kanan sangat perlu, sebagai langkah awal start, otak kiri yang menyesuaikan agar selaras. Maksudnya, sebagai permulaan, kita perlu mempunyai impian dan imajinasi yang tinggi. Kalau kita tidak punya awal start, kapanpun dan dimanapun tidak akan ada finishnya
    • Langsung Action, Jangan Malas!
      Kapan kita tau untung atau rugi kalau kita belum mencobanya. Kalau hanya dihitung saja, tapi belum pernah melangkah, kenapa bisa dikatakan rugi? Toko aja belum buka udah dibilang rugi. Untuk itu, Langsung Action! Nanti otak kiri yang akan menyelaraskan, bukan otak kiri dulu yang memulai ( dihitung dulu )
    • Selagi Legal, Halal, Hajar!
    • Bersyukur dulu, sebagai awal untuk membayar keberhasilan
      Sedekah sebelum memulai, semua rezeki saya jamin 100%, pasti akan dipercepat tuh pintu rezeki. Ga usah bertele-tele lagi, ayo, langsung ACTION!
  • Pelangi Ikhtiar
    • Sedekah dan amal ternyata bisa mengubah takdir, apalagi nasib
      Alkisah, takdir seseorang, bahwa malam ini ia akan dicabut nyawanya oleh malaikat izroil. Namun, karena pada sore itu dia bersedekah, malam harinya malaikat izroil diperintahkan untuk tidak mencabut nyawanya. Karena Allah masih sayang dengan orang tersebut. So, tunggu apalagi? Do it now
    • Kekayaan bisa dibawa mati
      Hah? Yang benar saja mas dery, masa mobil ferari bisa dibawa sampai mati? Bisa saja, asalkan mobil ferari tersebut bermanfaat bagi banyak orang, suka disedekahkan, seperti mengantar orang yang sakit dsb. Bukan untuk pamer.
    • Muliakan orang lain
      Nah, poin ini yang perlu anda perhatikan. Coba instropeksi diri dahulu, pernahkah merasakan tidak senang melihat orang lain bahagia? Sifat tersebut sangat tidak mulia sekali, karena bisa mengganjal aliran rezeki yang seharusnya anda terima. Contohnya karena ada dendam, sehingga menimbulkan sifat buruk lainnya, seperti iri dengki. Yah, ngapain mikirin untuk menghalangi orang lain? Toh hal itu tidak ada manfaatnya untuk kita, malah membuang-buang waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk hal yang lebih positif ketimbang menjegal orang lain. Seperti kata Mario Teguh, 8/4/2021 kemarin,

      Tidak akan anda rugi, ketika orang lain untung

      Untuk itu, agar aliran rizki lancar, muliakanlah orang lain, mulai dari sekarang!

    • Takut tapi melangkah berarti berani
      Sedangkan berani tapi tidak pernah melangkah, adalah penakut
    • Produksi sebesar-besarnya, konsumsi sekedarnya, distribusi seluas-luasnya
  • Sepasang bidadari
    • Keluarga nomor 1, kualitas nomor 2
      Kalimat tersebut merupakan kalimat yang dilontarkan Donald Trumph ketika ditanya oleh Bung Ippho sewaktu bertemu di Amerika.
    • Orang tua merupakan bidadari pertama
      Secara umum, bidadari pertama adalah orang tua, sedangkan secara khususnya, adalah ibu. Pernah saya baca, lupa dimana sumbernya, ketika sahabat Rasulullah bertanya, siapakah orang pertama yang harus aku ucapkan terima kasih. Rasulullah menjawab, Ibumu. Lalu pemuda tersebut bertanya lagi, yang kedua? Lalu di jawab, Ibumu. Yang ketiga, Ibumu. Dan baru yang keempat, Ayahmu.
    • Kekasih adalah bidadari yang kedua
      Sebenarnya, setelah kita menikah, pintu rezeki akan lebih dilipatgandakan. Kenapa? Aku rasa, jika kita sudah menikah, berarti kita telah menafkahi kekasih kita. Secara tidak langsung kita telah memberikan sedekah dan menghidupi satu orang. Yang tadinya rezeki cuma setengah, nanti bisa jadi satu. :D
  • Perisai Langit
    • Pancing hasil yang besar dengan sedekah yang besar
      Kita analogikan ketika kita pergi memancing. Kalau kita ingin memancing ikan besar, bisakah kita menggunakan umpan yang kecil? Dengan perahu yang kecil? atau dengan pancingan yang kecil? Usaha yang kecil? Saya yakin jawabannya mustahil. Untuk itu, persiapkan umpan yang besar (* sedekah ), untuk mendapatkan hasil yang besar pula.
    • Impian boleh besar, mencapainya bertahap
      Impian yang sangat tinggi tentunya tidak bisa didapatkan secara instan. Tidak mungkin secara tiba-tiba, orang gelandangan keesokan harinya, langsung jadi miliyader. Dunia sinting. Harus ada tahapan-tahapan yang jelas, dan bertahap

Dari sesi pengulasan ini, tidak semua bagian dari buku “7 Keajaiban Rezeki” diulas semua. Mungkin sebenarnya sudah diulas, tapi terpotong ketika saya lagi sholat ashar jadi tidak lengkap. Oleh karena itu manfaatkan keterbatasan catatan yang saya ambil ini sebagai ilmu yang bermanfaat ya.. :D

Salam Sukses!

12 tanggapan pada “Ulas Semua “7 Keajaiban Rezeki”” { + }
  1. Andank berkata

    sepertinya patut di baca buku ini mas :D

  2. syaefudin berkata

    bukan hanya wajib baca tp wajib mengamalkan

  3. Red berkata

    buku dan seminarnya ippho ini memang luar biasa

  4. arif berkata

    saya kebetulan dapet bukunya gratis dari sebuah lomba blog, tapi seminarnya belum pernah ikutan, pengen seeh, nabung dulu ^_^

  5. BikinHoki berkata

    “Muliakan orang lain”
    Kalau saya gambarkan dalam bisnis online seperti produk affiliate. Umumnya orang gak suka dengan link affiliate walaupun sebenarnya dia butuh barang atau jasa yg dipromosikan tersebut. Padahal bila beli barang dari link affiliate tidak akan dirugikan sedikitpun karena harganyapun sama. CUma itu tadi masalah masih “tidak suka kalau orang lain untung” yang notabene telah mengenalkan produk atau jasa tersebut…anehh. salam mas

  6. Erik berkata

    ulasan yang bagus dek. blogger moda banget nih… hehe
    saya juga belajar dari bang ippho kalau masalah ginian. hhe. moga kita semua jadi entrepreneur di jalan Allah. Aminnn

  7. menarik tulisannya…salam kenal ya

  8. Darius Mendez berkata

    Buku ini merupakan petunjuk mencari rezeki dari sudut pandang agama. Ulasannya to the poin. Tidak bertele-tele. Meskipun saya tidak suka cara penulisan yang seperti ini. Lebih mirip handout seminar. Isi buku ini sendiri berusaha mengingatkan kita bahwa semua yang kita lakukan memiliki hubungan kosmik dengan apapun yang kita dapat di masa mendatang, rejeki dalam hal ini. Dan saya sudah membuktikannya beberapa yang diajarkannya.

  9. Universitas adalah institusi pendidikan tertinggi di Indonesia, dimana masyarakat yang bergabung kedalamnya disebut ‘Mahasiswa’. Maha digunakan untuk menunjukkan sangat dan besar, sesuatu yang bersifat grand.

  10. kusuma berkata

    bukunya udah punya nih tapi seminarnya belum pernah ikut “kapan ada seminar lagi ya “, tapi di sby aza

Tinggalkan balasan

Untuk menampilkan foto atau gambar anda pada komentar, silahkan registrasi dulu di Gravatar.
Saya tidak menjawab komentar yang tidak membutuhkan jawaban. :)